Panduan Penulis

 
 

Ketentuan penulisan adalah sebagai berikut:

  1.  Artikel ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baku sesuai kaidah Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Misal: kata respon yang benar adalah respons, lumbal pungsi menjadi pungsi lumbal, Odds Ratio menjadi rasio Odds (RO), confidence interval (CI) menjadi interval kepercayaan (IK), outcome menjadi luaran, thoraks menjadi toraks, dan sebagainya. Penggunaan istilah asing digunakan seminimal mungkin dengan mencari padanan yang sesuai dalam bahasa Indonesia, termasuk istilah kedokteran. Jika terpaksa digunakan istilah asing, maka kata tersebut harus dicetak miring. Sebagai contoh: peduncle cerebrum menjadi pedunkulus serebri, Guillain Barre syndrome menjadi sindrom Guillain Barre, dan sebagainya. Jika menggunakan singkatan tertentu, maka harus diberi penjelasan pada saat pertama kali menggunakan singkatan. Contohnya: obstructive sleep apnea (OSA), glial fibrillary acidic protein (GFAP), dan sebagainya. Nama orang pada uji statistik tidak dicetak miring. Contohnya: McNemar, Pearson dan Spearman.
  2. Artikel Penelitian
    Artikel penelitian asli dalam ilmu kedokteran dasar, terapan, dan kesehatan. Format artikel penelitian terdiri atas halaman judul (Indonesia dan Inggris), nama lengkap para penulis, abstrak (Inggris dan Indonesia), institusi para penulis, korespondensi, pendahuluan, tujuan, metode, hasil, pembahasan, kesimpulan, daftar pustaka dan lampiran.
  3. Laporan Kasus
    Artikel mengenai kasus dalam bidang ilmu kedokteran dan kesehatan yang perlu disebarluaskan. Artikel yang dikirim merupakan artikel yang unik dan jarang muncul. Format laporan kasus terdiri atas judul (Indonesia dan Inggris), nama lengkap para penulis, abstrak (Inggris dan Indonesia), institusi para penulis, korespondensi, pendahuluan, kasus, pembahasan, kesimpulan, daftar pustaka, dan lampiran.
  4. Tinjauan Kepustakaan
    Artikel yang mengulas berbagai hal mutakhir untuk penyegar ilmu kedokteran. Format Tinjauan Pustaka terdiri atas judul (Indonesia dan Inggris), nama lengkap para penulis, abstrak (Inggris dan Indonesia), institusi para penulis, korespondensi, pendahuluan, pembahasan, kesimpulan, daftar pustaka, dan lampiran. Artikel yang dimuat merupakan artikel yang mengandung unsur kebaruan dan menarik bagi klinisi (aplikatif).
  5. Metaanalisis
    Merupakan kaji ulang artikel-artikel (review) mengenai masalah ilmu kedokteran dan kesehatan mutakhir dengan topik yang sama. Format metaanalisis terdiri atas judul (Indonesia dan Inggris), abstrak (Indonesia dan Inggris), pendahuluan, metode, hasil, pembahasan, kesimpulan, dan daftar pustaka.  
  6. Editorial
    Membahas artikel yang dianggap menarik secara lebih mendalam  

Petunjuk Umum

Untuk menghindari duplikasi, Neurona tidak menerima artikel yang sudah dipublikasikan atau sedang diajukan kepada majalah lain, dengan menandatangani surat pernyataan. Penulis harus memastikan bahwa semua penulis pembantu telah menyetujui. Bila diketahui artikel telah dimuat pada jurnal lain, maka pada Neurona edisi selanjutnya artikel akan dianulir.

Semua artikel akan dibahas oleh para pakar dalam bidang keilmuan yang sesuai (peer review) dan dewan redaksi. Artikel yang perlu perbaikan dikembalikan kepada penulis. Artikel penelitian harus memperoleh persetujuan komite etik (surat persetujuan harap dilampirkan) atau mempertimbangkan aspek etika penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan.

  1. Penulisan Artikel
    Artikel diketik 1,5 spasi pada kertas A4, dengan jarak dari tepi kiri dan atas 4cm serta tepi kanan dan bawah 3cm. Jumlah halaman maksimal 12 halaman, jenis huruf Times New Roman ukuran 11. Setiap halaman diberi nomor secara berurutan dimulai dari halaman judul sampai halaman terakhir
  2. Judul
    Judul dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris (huruf besar semua). Jelas dan singkat (tidak lebih dari 14 kata).
  3. Abstrak
    Abstrak untuk setiap artikel ditulis dalam bahasa Inggris dan Indonesia, dengan jumlah maksimal 250 kata. Abstrak menggambarkan isi artikel. Abstrak artikel penelitian ditulis ringkas dan jelas sesuai dengan format introduction, aims, methods, results, discussion (IMRAD), dan keywords atau pendahuluan, tujuan, metode, hasil, diskusi, dan kata kunci. Abstrak artikel penelitian harus mencantumkan uji statistik yang digunakan pada bagian metode. Abstrak laporan kasus berupa paragraf singkat berisi ringkasan kasus. Pilih maksimal 5 buah kata kunci yang dapat membantu penyusunan indeks dan urutannya berdasarkan abjad.
  4. Tabel
    Tabel disusun berurutan yang disampaikan di halaman terpisah dalam bentuk lampiran. Setiap tabel harus diberi judul singkat. Penjelasan tabel ditempatkan sebagai keterangan bukan di judul tabel. Jumlah tabel dan foto/gambar maksimal 6 buah, tanpa ada garis vertikal maupun horizontal di bagian dalam tabel. Isi tabel sesuai dengan tujuan penelitian.
  5. Gambar
    Semua bentuk grafik, foto, ataupun diagram akan dianggap sebagai gambar yang dikirim di halaman terpisah dalam bentuk lampiran. Jika gambar diambil dalam bahasa Inggris harus diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Foto orang yang mungkin dapat dikenali harus disertai izin tertulis. Gambar yang pernah dipublikasi harus diberi acuan dan diberi nomor urut sesuai dengan pemunculan dalam teks. Jumlah tabel dan foto/gambar maksimal 6 buah. Pada artikel berbahasa Indonesia, keterangan gambar harus menggunakan bahasa Indonesia.
  6. Metode Statistik
    Jelaskan metode statistik secara rinci pada bab metode.
  7. Keterbatasan Penelitian
    Dituliskan pada akhir bagian pembahasan.
  8. Ucapan Terima Kasih
    Bila diperlukan ucapan terima kasih dapat diberikan kepada kontributor penelitian tanpa menuliskan gelar.
  9. Daftar Pustaka
    Rujukan ditulis sesuai dengan aturan penulisan Vancouver, diberi nomor urut sesuai dengan pemunculan dalam artikel dengan angka kecil di akhir atas tulisan, bukan menurut abjad. Cantumkan nama penulis maksimal 6 orang, apabila lebih, tulis nama 6 orang pertama, selanjutnya dkk. Rujukan buku berasal dari terbitan 10 tahun terakhir dan atau jurnal 5 tahun terakhir, dianjurkan merujuk artikel dari Neurona. Rujukan diupayakan dari jurnal dan maksimal 20% dari buku ajar. Tidak diperkenankan untuk menggunakan rujukan dari situs-situs yang tidak terpercaya. Rujukan dari artikel yang sudah diterima dan menunggu penerbitan di majalah tertentu harus ditulis “in press”. Contoh:
    Leshner Al. Molecular mechanism of cocaine addiction. N Eng J Med. In press 2011. Hindarkan rujukan berupa komunikasi pribadi (personal communication) kecuali untuk informasi yang tidak mungkin diperoleh dari sumber umum. Cantumkan nama sumber, tanggal komunikasi, izin tertulis, dan konfirmasi ketepatan sumber komunikasi.

Contoh cara penulisan rujukan:

Jurnal

Artikel Standar
Pasmanasari ED, Pudjonarko D, Sukmaningtyas H. Analisis letak lesi insula terhadap fungsi motorik pasien stroke iskemik akut. Neurona. 2014;31(3):155-159.

Rujukan lebih dari 6 penulis

Jose LS, Rita MRN, Leandro CS, Carlos ECS, Bruno FR, Felipe PA, dkk. The impact of dengue liver function as evaluated by aminotransferase levels. The Brazilian Journal of Infectious Diseases. 2007;11(4):407-10.

Suatu Organisasi sebagai Sumber

World Health Organization. The top 10 cause of death; 2014.

Tanpa Nama Penulis

Role of diagnostic imaging in early diagnosis and stage determination of rheumatoid arthritis. Clin Clasium. 2011;21(7):949-53.

Artikel Tidak dalam Bahasa Inggris

Kurniawan SN. Patofisiologi biomolekuler neuropati diabetes. Neurona. 2012;29(4):66-75.

Volume dengan Suplemen

Rosencranz R, Steven A. Clinical laboratory measurement of serum, plasma, and blood viscosity. Am J Clin Pathol. 2006;125(Supl 1):S78-86.

Edisi dengan Suplemen

Najafi MR, Chitsaz A, Askarian Z. Quality of sleep in patients with Parkinson’s disease. J Prev Med. 2013;4(Supl 2):229-233.

Buku dan Monograf Lain

Penulis Perorangan

Lorenby RB. Handbook of pathophysiology. Edisi ke-4. Philadelphia: Lippincott Williams & Wilkins; 2011.

Editor (Penyunting) sebagai Penulis

Nriagu J, penyunting. Encyclopedia of environmental health. Michigan BV; 2011.

Organisasi sebagai Penulis

UNAIDS. Update on HIV epidemic, 2011. Global HIV/AIDS response-progress report 2011. Geneva: WHO Library Catalouging Data;2011.

Bab dalam Buku

Manzoni GC, Stovner LJ. Epidemiology of headache. Dalam: Nappi G, Moskowitz MA, editor. Handbook of clinical neurology. Amsterdam: Elsevier; 2011. h. 3-22.

Prosiding Konferensi

Nicolai T. Homeopathy. Proceedings of the workshop alternative medicines; 2011 November 30; Brussels, Belgium: ENVI; 2011.

Makalah dalam Konferensi

Tirilly P, Lu K, Mu X. Predicting modality from text quiries for medical image retrieval. Dalam: Cao Y, Kalpathy-Cramer J, Unay D, penyunting. MM 11. Proceeding of the 2011 international ACM workshop on medical multimedia analysis and retrieval; Nov 28-Des 01 2011; Arizona, USA. New York: ACM; 2011. h. 7-12.

Disertasi

Rasyid A. Efektivitas mikrokapiler digital sebagai alat  ukur  nilai  viskositas  darah untuk prediksi prognosis stroke iskemik akut [disertasi]. Depok: Universitas Indonesia; 2014.

Materi Elektronik

Artikel Jurnal dalam Format Elektronik

Reid DB. Australasian association of doctors’ health advisory services. Med J Australia [serial online]. 2005 [diunduh 28 maret 2006];182(5):255. Tersedia dari: Health and Medical Complete.

Ketentuan Penulisan Artikel Laporan Kasus

No

Ketentuan

atau

1

Kasus unik dan jarang muncul

 

2

Format artikel

 

 

Memuat judul dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris (huruf besar semua)

 

 

Judul cukup jelas dan singkat (tidak lebih dari 14 kata)

 

 

Terdapat abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris

 

 

Urutan tulisan: Judul bahasa Indonesia, judul bahasa Inggris, nama lengkap penulis (tidak disingkat) beserta gelarnya, abstrak bahasa Inggris, abstrak bahasa Indonesia, nama institusi para penulis, pendahuluan,  kasus, pembahasan, kesimpulan, daftar pustaka, dan lampiran

 

3

Format tulisan

 

 

Spasi: 1,5

 

 

Font: Times New Roman ukuran 11

 

 

Jarak dari tepi kiri dan atas 4 cm serta tepi kanan dan bawah 3cm

 

 

Jumlah halaman maksimal 12 halaman

 

4

Abstrak

 

 

Maksimal 250 kata,  font: Times New Roman ukuran 10, spasi 1,0

 

 

Abstrak menggambarkan isi artikel

 

 

Jumlah kata kunci maksimal 5 kata, diurutkan sesuai abjad

 

5

Tabel

 

 

Dalam bentuk lampiran

 

 

Setiap tabel memiliki judul singkat,  huruf Times New Roman ukuran 10, spasi 1,0

 

 

Penjelasan tabel ditempatkan sebagai keterangan bukan di judul tabel, ukuran 9 spasi 1,0

 

 

Jumlah tabel dan foto/gambar maksimal 6 buah

 

 

Tidak ada garis vertikal maupun horizontal di dalam tabel. Garis horizontal di bagian kolom judul dan akhir tabel

 

6

Gambar

 

 

Dalam bentuk lampiran

 

 

Gambar yang pernah dipublikasi diberi acuan dan diberi nomor urut sesuai dengan pemunculan dalam teks, serta melampirkan izin tertulis dari penulisnya

 

 

Gambar dalam bahasa Inggris diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

 

 

Foto orang yang dapat dikenali disertai izin tertulis.

 

 

Pada artikel berbahasa Indonesia, keterangan gambar harus menggunakan bahasa Indonesia

 

7

Pembahasan

 

 

Pembahasan sesuai dengan hasil dan cukup dalam

 

 

Terdapat aspek baru dan penting

 

8

Daftar Pustaka

 

 

Mengikuti kaidah Vancouver, rujukan jurnal 5 tahun terakhir/rujukan buku 10 tahun terakhir

 

 

Nama penulis maksimal 6 orang, lebih dari 6 hanya ditulis 6 diikuti dkk

 

 

Huruf Times New Roman 10, spasi 1,0

 

 

Tidak menggunakan rujukan dari situs-situs yang tidak terpercaya

 

9

Tidak terdapat duplikasi teks, gambar, dan tabel

 

10

Tidak menggunakan bullets dan numbering dalam narasi/paragraf

 

11

Kaidah Bahasa Indonesia

 

 

Mengikuti kaidah Bahasa Indonesia dalam KBBI

1.       Penulisan tanda sambung (-): tidak diberi spasi. misal: 3-6 (betul)

2.       Setelah tanda baca tidak diberi spasi, missal FKUI/RSCM (betul)

3.       Jika terdapat lebih dari 2 pilihan yang menggunakan koma dan diakhiri “dan” maka harus diberi tanda koma sebelum “dan”. Contoh saya dan kamu (tanpa koma). Saya, kamu, dan dia (dengan koma)

4.       Kata awalan pre, pasca, non digabung dengan kata setelahnya. Misal: pascaoperasi

5.       Menggunakan kata sesuai EYD dan KBBI di antaranya

a.       Mikroba (salah) à mikrob (betul)

b.       Coklat (salah) à cokelat (betul)

c.       Teoritis (salah) à teoretis (betul)

d.       Oto (salah) à auto (betul)

e.       Respon (salah) à respons (betul)

f.        Sindrome (salah) à sindrom (betul)

g.       Lumbal pungsi (salah) à pungsi lumbal (betul)

h.       Likuor cerebrospinal (salah) à Cairan serebrospinal (CSS) (betul)

i.        Odds ratio (salah) à rasio Odds (betul)

j.        Confidence Interval (CI) (salah) àInterval Kepercayaan (IK) (betul)

k.       Thoraks (salah) à toraks (betul)

l.        Singkatan satuan mililiter ‘ml’ (salah) à ‘mL’ (betul)

6.       Istilah asing dicetak miring. Misal CT scan

7.       Tidak ada penulisan et al dalam isi tulisan. Yang benar dkk. Dalam referensi dkk (tidak dicetak miring)

8.       Kemaknaan ditulis dengan p (huruf kecil dan tidak dicetak miring)

9.       Nama orang pada uji statistik tidak dicetak miring. Contohnya: McNemar, Pearson, dan Spearman. Sedangkan untuk uji Kappa dicetak miring.

10.    Antara angka dan satuan tidak diberi spasi, contoh: 100mmHg

 

Ketentuan Penulisan Artikel Penelitian

No

Ketentuan

atau

1

Format artikel

 

 

Memuat judul dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris (huruf besar semua)

 

 

Judul cukup jelas dan singkat (tidak lebih dari 14 kata)

 

 

Terdapat abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris

 

 

Urutan tulisan: Judul bahasa Indonesia, judul bahasa Inggris, nama lengkap penulis (tidak disingkat) beserta gelarnya, abstrak bahasa Inggris, abstrak bahasa Indonesia, nama institusi para penulis, pendahuluan,  tujuan, metode, hasil, pembahasan, keterbatasan penelitian, kesimpulan, daftar pustaka dan Lampiran

 

 

Mencantumkan surat keterangan etik

 

 

Keterbatasan penelitian ditulis pada bagian akhir pembahasan

 

2

Format tulisan

 

 

Spasi: 1,5

 

 

Font: Times New Roman ukuran 11

 

 

Jarak dari tepi kiri dan atas 4cm serta tepi kanan dan bawah 3cm

 

 

Jumlah halaman maksimal 12 halaman

 

3

Abstrak

 

 

Maksimal 250 kata,  huruf Times New Roman ukuran 10, spasi 1,0

 

 

Abstrak menggambarkan isi artikel

 

 

Format pada artikel penelitian:introduction, aims, methods, results,discussions(IMRAD), keywords atau pendahuluan, tujuan, metode, hasil,diskusi, dan kata kunci

·        Pendahuluan: Mengapa penelitian ini dilakukan? Apa saja pertanyaan-pertanyaan penelitian, hipotesis uji, atau tujuan penelitian?

·        Metode: Kapan, di mana, dan bagaimana penelitian dilakukan? Bahan dan alat apa saja yang digunakan, atau siapa saja yang termasuk subjek penelitian (pasien, dll)?

·        Hasil: Jawaban apa yang ditemukan dari pertanyaan penelitian, apa yang ditemukan dalam penelitian tersebut? Apakah hipotesis uji benar?

·        Diskusi: Apakah arti dari jawaban pertanyaan penelitian tersebut dan mengapa itu menjadi masalah? Bagaimana penelitian tersebut sesuai dengan hasil penelitian yang telah ada? Apa perspektif untuk penelitian ke depannya?

 

Pemakaian tenses dalam abstracts:

Introduction: present tense

Method, results, dan discussions: past tense

 

 

 

Tidak mencantumkan IK95%

 

 

Jumlah kata kunci maksimal 5 kata, diurutkan sesuai abjad

 

4

Metode

 

 

Uji yang digunakan sesuai disain penelitian

 

 

Mencantumkan:

·        Disain penelitian

·        Tempat

·        Waktu

·        Populasi

·        Sampel

·        Pengukuran

·        Analisis data

 

 

Waktu penelitian kurang dari 5 tahun terakhir

 

5

Hasil

 

 

Hasil sesuai dengan isi tabel, logis, dan sistematik

 

6

Tabel

 

 

Dalam bentuk lampiran

 

 

Setiap tabel memiliki judul singkat,  huruf Times New Roman ukuran 10, spasi 1,0

 

 

Penjelasan tabel ditempatkan sebagai keterangan bukan di judul tabel, ukuran 9 spasi 1,0

 

 

Jumlah tabel dan foto/gambar maksimal 6 buah

 

 

Tidak ada garis vertikal maupun horizontal di dalam tabel . Garis horizontal di bagian kolom judul dan akhir tabel

 

 

Isi tabel sesuai dengan tujuan penelitian

 

7

Gambar

 

 

Dalam bentuk lampiran

 

 

Gambar yang pernah dipublikasi diberi acuan dan diberi nomor urut sesuai dengan pemunculan dalam teks, serta melampirkan izin tertulis dari penulisnya

 

 

Gambar dalam bahasa Inggris diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

 

 

Foto orang yang dapat dikenali disertai izin tertulis.

 

 

Pada artikel berbahasa Indonesia, keterangan gambar harus menggunakan bahasa Indonesia

 

8

Pembahasan

 

 

Pembahasan sesuai dengan hasil dan cukup dalam

 

 

Hasil dibandingkan dengan penelitian lain

 

 

Terdapat aspek baru dan penting

 

9

Kesimpulan

 

 

Kesimpulan menjawab tujuan penelitian

 

10

Daftar Pustaka

 

 

Mengikuti kaidah Vancouver, rujukan jurnal 5 tahun terakhir/rujukan buku 10 tahun terakhir

 

 

Nama penulis maksimal 6 orang, lebih dari 6 hanya ditulis 6 diikuti dkk

 

 

Huruf Times New Roman 10, spasi 1,0

 

 

Tidak menggunakan rujukan dari situs-situs yang tidak terpercaya

 

11

Tidak terdapat duplikasi teks, gambar, dan tabel

 

12

Tidak menggunakan bullets dan numbering dalam narasi/paragraf

 

13

Kaidah Bahasa Indonesia

 

 

Mengikuti kaidah Bahasa Indonesia dalam KBBI

1.       Penulisan tanda sambung (-): tidak diberi spasi. misal: 3-6 (betul)

2.       Setelah tanda baca tidak diberi spasi, missal FKUI/RSCM (betul)

3.       Jika terdapat lebih dari 2 pilihan yang menggunakan koma dan diakhiri “dan” maka harus diberi tanda koma sebelum “dan”. Contoh saya dan kamu (tanpa koma). Saya, kamu, dan dia (dengan koma)

4.       Kata awalan pre, pasca, non digabung dengan kata setelahnya. Misal: pascaoperasi

5.       Menggunakan kata sesuai EYD dan KBBI di antaranya

a.     Mikroba (salah) à mikrob (betul)

b.     Coklat (salah) à cokelat (betul)

c.     Teoritis (salah) à teoretis (betul)

d.     Oto (salah) à auto (betul)

e.     Respon (salah) à respons (betul)

f.      Sindrome (salah) à sindrom (betul)

g.     Lumbal pungsi (salah) à pungsi lumbal (betul)

h.     Likuor cerebrospinal (salah) à Cairan serebrospinal (CSS) (betul)

i.      Odds ratio (salah) à rasio Odds (betul)

j.      Confidence Interval (CI) (salah) àInterval Kepercayaan (IK) (betul)

k.     Thoraks (salah) à toraks (betul)

l.      Singkatan satuan mililiter ‘ml’ (salah) à ‘mL’ (betul)

6.       Istilah asing dicetak miring. Misal CT scan

7.       Tidak ada penulisan et al dalam isi tulisan. Yang benar dkk. Dalam referensi dkk (tidak dicetak miring)

8.       Kemaknaan ditulis dengan p (huruf kecil dan tidak dicetak miring)

9.       Nama orang pada uji statistik tidak dicetak miring. Contohnya: McNemar, Pearson, dan Spearman. Sedangkan untuk uji Kappa dicetak miring.

10.    Antara angka dan satuan tidak diberi spasi, contoh: 100mmHg

 

Ketentuan Penulisan Artikel Tinjauan Pustaka

 

No

Ketentuan

atau

1

Topik yang hangat, menarik bagi klinisi dan farmasi

 

2

Format artikel

 

 

Terdapat halaman judul yang memuat judul dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris (huruf besar semua)

 

 

Judul cukup jelas dan singkat (tidak lebih dari 14 kata)

 

 

Terdapat abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris

 

 

Urutan tulisan: Judul bahasa Indonesia, judul bahasa Inggris, nama lengkap penulis (tidak disingkat) beserta gelarnya, abstrak bahasa Inggris, abstrak bahasa Indonesia, nama institusi para penulis, pendahuluan, pembahasan, kesimpulan, daftar pustaka dan Lampiran

 

3

Format tulisan

 

 

Spasi: 1,5

 

 

Font: Times New Roman ukuran 11

 

 

Jarak dari tepi kiri dan atas 4cm serta tepi kanan dan bawah 3cm

 

 

Jumlah halaman maksimal 12 halaman

 

4

Abstrak

 

 

Maksimal 250 kata,  huruf  Times New Roman ukuran 10 spasi 1,0

 

 

Abstrak menggambarkan isi artikel

 

 

Jumlah kata kunci maksimal 5 kata, diurutkan sesuai abjad

 

5

Tabel

 

 

Dalam bentuk lampiran

 

 

Setiap tabel memiliki judul singkat  huruf  Times New Roman ukuran 10, spasi 1,0

 

 

Penjelasan tabel ditempatkan sebagai keterangan bukan di judul tabel

 

 

Jumlah tabel dan foto/gambar maksimal 6 buah

 

 

Tidak ada garis vertikal maupun horizontal di dalam tabel.  Garis horizontal dibagian kolom judul

dan akhir tabel

 

6

Gambar

 

 

Dalam bentuk lampiran

 

 

Gambar yang pernah dipublikasi diberi acuan dan diberi nomor urut sesuai dengan pemunculan dalam teks, serta melampirkan izin tertulis dari penulisnya

 

 

Gambar dalam bahasa Inggris diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia

 

 

Foto orang yang dapat dikenali disertai izin tertulis

 

 

Pada artikel berbahasa Indonesia, keterangan gambar harus menggunakan bahasa Indonesia

 

7

Pembahasan

 

 

Pembahasan cukup dalam

 

 

Terdapat aspek baru dan penting

 

8

Daftar Pustaka

 

 

Mengikuti kaidah Vancouver, rujukan jurnal 5 tahun terakhir/rujukan buku 10 tahun terakhir

 

 

Nama penulis maksimal 6 orang, lebih dari 6 hanya ditulis 6 diikuti dkk

 

 

Huruf Times New Roman 10

 

 

Tidak menggunakan rujukan dari situs-situs yang tidak terpercaya

 

9

Tidak terdapat duplikasi teks, gambar, dan tabel

 

10

Tidak menggunakan bullets dan numbering dalam narasi/paragraf

 

11

Kaidah Bahasa Indonesia

 

 

Mengikuti kaidah Bahasa Indonesia dalam KBBI

1.         Penulisan tanda sambung (-): tidak diberi spasi. misal: 3-6 (betul)

2.         Setelah tanda baca tidak diberi spasi, missal FKUI/RSCM (betul)

3.         Jika terdapat lebih dari 2 pilihan yang menggunakan koma dan diakhiri “dan” maka harus diberi tanda koma sebelum “dan”. Contoh saya dan kamu (tanpa koma). Saya, kamu, dan dia (dengan koma)

4.         Kata awalan pre, pasca, non digabung dengan kata setelahnya. Misal: pascaoperasi

5.         Menggunakan kata sesuai EYD dan KBBI di antaranya

a.       Mikroba (salah) à mikrob (betul)

b.       Coklat (salah) à cokelat (betul)

c.       Teoritis (salah) à teoretis (betul)

d.       Oto (salah) à auto (betul)

e.       Respon (salah) à respons (betul)

f.        Sindrome (salah) à sindrom (betul)

g.       Lumbal pungsi (salah) à pungsi lumbal (betul)

h.       Likuor cerebrospinal (salah) à Cairan serebrospinal (CSS) (betul)

i.        Odds ratio (salah) à rasio Odds (betul)

j.        Confidence Interval (CI) (salah) àInterval Kepercayaan (IK) (betul)

k.       Thoraks (salah) à toraks (betul)

l.        Singkatan satuan mililiter ‘ml’ (salah) à ‘mL’ (betul)

6.         Istilah asing dicetak miring. Misal CT scan

7.         Tidak ada penulisan et al dalam isi tulisan. Yang benar dkk. Dalam referensi dkk (tidak dicetak miring)

8.         Kemaknaan ditulis dengan p (huruf kecil dan tidak dicetak miring)

9.         Nama orang pada uji statistik tidak dicetak miring. Contohnya: McNemar, Pearson, dan Spearman. Sedangkan untuk uji Kappa dicetak miring.

10.      Antara angka dan satuan tidak diberi spasi, contoh: 100mmHg